Langsung ke konten utama

O. LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT E-BOOK | SIMDIG | 15

 

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT E-BOOK

1. Tentukan Topik

Topik adalah pokok pembicaraan atau subjek yang dibahas. Misalnya, temanya “Jurnalistik”, topiknya “Menulis Berita”.

2. Tentukan Judul

Judul adalan turunan dari tema dan topik. Dari contoh poin 1, judulnya misalnya “Cara Menulis Berita yang Baik dan Menarik”.

3. Buat Outline

Outline adalah kerangka tulisan. Misalnya: pengertian berita, karakteristik berita, cara menulis berita.

Outline akan membantu Anda untuk fokus, sehingga Anda dapat menentukan apa yang akan ditulis. Mulai dari kalimat pertama sampai kalimat terakhir sampai sebuah kesimpulan.

Kerangka tulisan dapat mempercepat Anda dalam menyelesaikannya dengan efektif.

4. Tulis eBook

Setelah Anda selesai membuat outline atau kerangka eBook, selanjutnya adalah melengkapinya dengan artikel. Untuk menulis eBook, Anda dapat menggunakan Open Office yang bisa didapat secara gratis.

Selain itu, fitur lengkapnya yang memunginkan Anda melakukan eksport dari file .doc ke file .pdf.

5. Sertakan gambar

Sisipkan gambar agar lebih menarik. Gunakan gambar sendiri lebih baik. Kita juga bisa mendapatkan gambar gratis bebas hak cipta (free copyright) melalui Free Images dll.

6. Buat Cover

Cover merupakan ciri khas buku yang berisi judul buku, penulis, dan gambar ilustrasi.

Meskipun ada istilah “Don’t judge a book by its cover“, tapi untuk Anda yang akan membuat eBook, pastikan untuk menggunakan cover yang menarik.

Cara Membuat eBook dengan MS Office

Berikut ini cara membuat eBook dengan menggunakan Microsoft Office. Saya masih menggunakan MS Office Words 2007.

1.      Tulis naskah buku di MS Words

2.      Klik File > “Save As”

3.      Pilih PDF or XPS

4.      Kasih Nama and “Save”

5.      Selesai.


Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket