Langsung ke konten utama

O. MENYUNTING PERSENTASI | TEKPER | 15

 MENYUNTING PERSENTASI

1. Memasukan teks kedalam slide

  • Klik pada kotak klik to add title
  • Ketikan teks yang dikehendaki
  • Lakukan hal yang sam pada kotak klit to add sub title, dan ketikkan teks yang anda kehendaki didalamnya

Cara lain untuk memasukan teks kedalam slide adalah melalui area out line.

2. Menambah slide baru

Setelah anda mengisi teks pada slide pertama yang berisi judul dan sub judul, tentunya anda ingin menambahkan slide berikutnya bukan ? cara yang paling mudah menambah slide baru adalah sbb :

  • Klik icon menu slide yang terdapat pada toolbar formatting, atau klik menu insert > new slide atau anda dapat menekan ctrl+m
  • Memilih slide layout Setelah menambah slide yang baru, langkah selanjutnya adalah memilih layout yang diperlukan. Pastikan jendela taks pane berisi tampilan slide layout . pilih layout slide berikutnya sesuai dengan keinginan anda. Jika jendela taks pane belum berisi tampilan slide layout, klik lah menu format > slide layout.

3. Memilih slide design

Jika sebelumnya anda membuat presentasi dengan memilih blank presentation, slide presentasi anda belum memiliki desain. Anda dapat menambahkan desain dengan cara sbb:

  • Klik icon slide desigen pada toolbar formatting Atau klik menu format > slide design
  • Pililah desain yang dikehendaki pada jendela taks pane
  • Jika anda masih merasa kurang puas dengan koleksi desain yang ditampilkan, anda dapat mencoba mencari desaain yang lain dengan mengklik icon browse pada bagian bawah jendela taks pane
  • Selanjutnya, anda dapat memilih desain pada folder 1033 atau folder presentation design.

Jika masih kurang puas juga, anda dapat mencaari desain template dimicrosoft office online pada jendela task pane , tentu saja anda harus online internet terlebih dahulu.

4. Berpindah keslide yang ingin disunting

Setelah membuat beberapa slide, ada kalanya anda ingin kembali menyunting slide sebelumnya atau berikutnya, caranya sbb:

  • Klik slide yang berada pada area slides
  • Atau geser-geser scroll bar fertikal sampai pada posisi slides yang anda inginkan.
  • Atau dengan mengklik icon next slide/ previous slides.

5.  Mengubah tampilah view

Untuk menghapus sebuah slide dengan mudah dan agar dapat memindahkan urutan slide, sebelumnya anda harus mengetahui view terlebih dahulu, yaitu mode-mode untuk menampilkan slide. Dalam Microsoft power point terdapat tiga buah mode view sbb:

  • Normal view
  • Slide sorter view
  • Slide show
  • Mengubah normal view keslide sorter view.
  • Klik menu view >slide sorter .

6. Mengubah normal view ke slide show

  • Klik menu view >slide show Atau anda dapat menekan f5 untuk mengubah ketampilan slide show, dan tekan esc untuk kembali ketampilan normal view
  • Cara lain untuk memilih jenis view, anda dapat menggunkan icon-icon view yang terletak disebelah kiri bawah jendela Microsoft power point

e. Memindahkan urutan slide

Untuk memindahkan urutan slide, terlebih dahulu anda membuka tampilan presentssi dengan menggunakan view slide sirter.

  • Klik slide yang akan dipindahkan, kemudian drak ketempat yang diinginkan,misalnya slide I tarik keslide III.
  • Atau klik slide yang akan dipindahkan, kemudian tekan ctrl+x
  • Atau klik icon cut pada toolbar formatting atau klik menu edit > cut
  • Kemudian letakkan insert tion point ketempat yang diinginkan
  • Tekan ctrl+v atau klik icon paste pada toolbr formatting atau klik menu edit > paste

1. Meng-copy slide

  • Buka tampilah presentasi dengan menggunakan view slide sorter.
  • Klik slide yang akan dipindahkan, tekan ctrl+drak ketempat yang diinginkan
  • Atau klik slide yang akan dicopy , tekan ctrl +c atau klik icon copy pada toolbar formatting atau klik menu edit > copy
  • Kemudian letakkan insert tion point ketempat yang diinginkan, tekan ctrl+v atau klik icon paste pada toolbar formatting atau klik menu edit> paste

2. Menghapus sebuah slide

  • Buka tampilan presentasi dengan menggunakan view slide sorter.
  • Atau buka tampilan presentasi menggunakan view normal,pilih area slides.
  • Klik slide yang akan dihapus
  • Tekan tombol delete pada keyboard

3. Menyisipka slide

  • Buka tampilan presentation dengan enggunakan view slide sorter
  • Letakkan insertion point diantara slide yang ingin disisipkan , misalkan diantara slide 2 dan slide 3
  • Klin icon new slide pada toolbar formatting
  • Atau klik menu insert > new slide
  • Atau tekan ctrl +m

f. Memasukan gambar kedalam slide

Terdapat dua cara dalam memasukan gambar kedalam slide.

Cara pertama :

  • Pilih layout slide yang content layoutnya mengandung media clipart
  • Klik icon star pada clipart
  • Pilih gambar yang diinginkan

Cara kedua :

  • Letakkan penunjuk mouse pada area slide
  • Klik menu insert
  • Sorot picture
  • Klik clipart/wordart/from file/autoshape/organization chart
  • Pilih gambar atau objek yang diinginkan klik ok
  • Aturkan posisi dan ukurannya (caranya sama seperti mengatur gambar pada Microsoft word)

g. Memasukan background ke dalam slide

  • Pilih slide yang akan diberi layar belakang.
  • Klik menu format>background.
  • Akan muncul kotak dialog bacgroun.
  • Klik kotak yang dibawahnya untuk memilih jenis-jenis background
  • Pilih fill effect.
  • Pililah salah satu kategori background.
  • Klik tab gradientuntuk memilih background berupa gradient
  • Klik tab texture untuk memilih background berupa tekstur.
  • Klik tab pattern untuk memilih background berupa pattern.
  • Klik tab picture untuk memilih background berupa gambar
  • Klik ok
  • Klik apply atau apply to all

 

Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket