Langsung ke konten utama

A. RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN



RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN

Kalian tentu sering mendengar istilah administrasi keuangan. Kata administrasi keuangan yang kita ketahui biasanya diartikan sebagai proses pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh organisasi baik pemerintah maupun swasta. Keberadaan administrasi keuangan bagi organisasi mutlak adanya karena setiap organisasi pasti memiliki sumber keuangan yang harus dialokasikan dengan baik agar tujuan organisasi dapat tercapai. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai administrasi keuangan, apakah kalian tau apa itu administrasi keuangan? Pada modul ini nanti akan kita bahas bersama-sama mengenai pengertian, fungsi, tujuan,, manfaat, sampai dasar pengelolaan administrasi keuangan secara lengkap. Simaklah uraian materi berikut ini!

 

1. Pengertian Administrasi Keuangan

a. Administrasi adalah proses kerjasama sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan .

b. Pengertian keuangan adalah kegiatan mengolah uang untuk melakukan transaksi pembayaran.

c. Pengertian administrasi keuangan oleh para ahli :

1). Menurut Simon : administrasi keuangan adalah proses pengelolaan yang melibatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama.

2). Menurut The Liang Gie : administrasi keuangan merupakan proses pengurusan atau penyelenggaraan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam setiap usaha kerjasama.

d. Pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit (tata usaha keuangan) adalah pencatatan keluar masuknya uang untuk membiayai suatu kegiatan organisasi

e. Pengertian administrasi keuangan (pengelolaan keuangan) dalam arti luas adalah pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan maupun pemanfaatan keuangan yang kegiatannya meliputi perencanaan, pengaturan pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan.

2. Komponen Administrasi Keuangan

a. Perencanaan keuangan adalah kegiatan merencanakan penerimaan dan pengeluaran uang.

b. Penganggaran keuangan adalah membuat perkiraan secara detail pengeluaran dan pemasukan keuangan.

c. Pengelolaan keuangan adalah penggunaan dana untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.

d. Pencarian keuangan adalah mencari sumber uang untuk kegiatan perusahaan.

e. Penyimpanan keuangan adalah pengumpulan dana dan menyimpan dana dengan aman.

f. Pengendalian keuangan adalah melakukan evaluasi serta perbaikan atas sistem keuangan.

g. Pemeriksaan keuangan adalah melakukan audit atau pemeriksaan keuangan perusahaan  agar tidak terjadi penyimpangan.

 

3. Fungsi Administrasi Keuangan

Fungsi administrasi keuangan secara umum:

a.     Fungsi investasi, meliputi pengelolaan dana ke dalam aktiva-aktiva yang akan digunakan untuk berusaha mencapai tujuan. Dana tersebut dapat berasal dari modal sendiri maupun dari luar. Investasi dalam perusahaan dibagi menjadi 2 yaitu :

1). Investasi jangka pendek, yaitu investasi berupa kas, persediaan barang, piutang, dll.

2). Investasi jangka panjang, yaitu investasi berupa gedung, tanah dan peralatan produksi.

b. Fungsi mencari dana, yaitu usaha untuk mendapatkan modal untuk mendanai usaha-usaha yang dijalankan perusahaan dan memilih sumber-sumber dana yang tepat.

c. Fungsi pembelanjaan, meliputi kegiatan tentang penggunaan dana baik dana dari luar maupun milik sendiri yang digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan perusahaan.

d. Fungsi pembagian laba, yaitu dengan menentukan aturan dalam mengadakan pembagian laba usaha perusahaan.

4. Tujuan Administrasi Keuangan

a. Memperlancar proses keluar masuk uang

b. Mempermudah transaksi uang

c. Adanya bukti transaksi

d. Mengetahui kondisi keuangan diperusahaan

 

5. Manfaat Administrasi Keuangan

a. Teraturnya penerimaan dan pengeluaran uang.

b. Pemanfaatan uang dikoordinasikan dengan baik

c. Berkurangnya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan.


 


Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket