MENGENAL MICROSOFT EXCEL
Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang
merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk
mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk
mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data /
angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara
multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows,
Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.
A. Pengertian Workbook
Workbook adalah buku kerja tempat melakukan manajemen
data yang dapat menyimpan lebih dari satu Worksheet pada Microsoft Excel.
Istilah Worksheet adalah lembar kerja elektronik dimana tempat
data-data tersimpan. Worksheet terdiri dari sel yang diidentifikasi
dalam baris dan kolom pada Microsoft Excel. Fungsi Workbook berkaitan
dengan seluruh perintah yang ada pada Microsoft Excel. Tampilan awal Workbook hanya
terdiri dari satu Worksheet, pengguna dapat menambahnya dengan
mudah apabila diperlukan. Setiap sel dapat memuat data baik berupa string
(tulisan), angka, atau formula Excel.
B.
Fungsi Workbook pada Excel dan Bagian-Bagiannya
Pada gambar di atas
menampilkan jendela workbook pada Excel dan pengertian masing-masing komponen
disediakan dalam daftar.
1. Title Bar -
Menampilkan nama workbook yang sedang aktif atau dibuka. Secara default nama
workbook pada Microsoft Excel adalah "Book1".
2. Quick Access
Toolbar - Berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering
digunakan pada Microsoft Excel anda dapat mengurangi atau menambah perintah
yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar.
3. Kontrol Jendela -
Berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel, yaitu; maximize,
minimize, dan menutup jendela Microsoft Excel.
4. Menu Bar -
Merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Setiap menu bar
terdiri dari ribbon. Ribbon adalah tempat perintah-perintah atau grup perintah
yang sebagian besar dilengkapi dengan ikon perintah atau command button. Masing-masing
command button mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
5. Name Box atau
Kotak Nama - berfungsi untuk menampilkan index atau nama sel yang sedang
aktif.
6. Formula
Bar - berfungsi untuk memberikan formula pada sel yang sedang aktif.
Anda juga dapat mendefinisikan nilai numerik maupun teks pada formula bar.
7. Column atau
Kolom - berfungsi untuk menampilkan nama kolom yang
diidentifikasi dengan huruf A-XFD. Anda dapat menggunakan CTRL + → untuk
menuju kolom terakhir Microsoft Excel 2016.
8. Row atau Baris -
Berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang
diidentifikasi dengan angka 1-1048576. Anda dapat menggunakan CTRL + ↓ untuk
menuju baris terakhir Microsoft Excel 2016.
9. Sel Aktif - Sel
yang aktif berarti sel yang diarahkan pada pointer komputer dan index sel akan
ditampilkan pada Name Box.
10.
Tab Worksheet -
Berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet serta memilih worksheet yang
akan digunakan pada lembar kerja.
11.
Lembar Kerja Excel - Adalah
semua sel yang ditampilkan pada Workbook.
12.
Horizontal Scroll Bar -
berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke kanan atau ke kiri.
13.
Vertical Scroll Bar - Berfungsi
untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
14.
Page View - Berfungsi
untuk mengubah tampilan lembar kerja dan memperkecil atau memperbesar tampilan
lembar kerja.
15.
Status Bar -
Berfungsi untuk menampilkan keterangan terkait proses yang terjadi serta
rekomendasi perintah yang akan dilakukan pengguna.