Langsung ke konten utama

R. KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING - ONLINE)

 

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING - ONLINE)

 

1.    Pengertian Komunikasi

Komunikasi telah digunakan sejak manusia pertama diturunkan ke mukabumi. Para ahli memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut.

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan olehseseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambangyang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasimenggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah lakuseorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan(Effendy, 2000 : 13).Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentukgagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30).

Komunikasi terjadi jika saya berbicara, Anda mengerti, dan sebaliknyajika Anda yang berbicara, saya mengerti.

 

2.    Jenis Komunikasi

Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.

a.    Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.

b.    Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakanbahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), ataugambar.

 

Berbekal pengetahuan jenis atau kategori komunikasi tersebut, dapatdikatakan bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atauinformasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verbal atau lisan(menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau mediadigital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkataatau nonverbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture),serta tekanan atau tinggi nada suara.

 

3.    Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Setelah memahami makna komunikasi, sampailah kita pada KomunikasiDaring. Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, danberkomunikasi melalui / menggunakan jaringan komputer. (Warschauer,M. 2001 pp. 207-212)Dengan kata lain, Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di manapenyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melaluijaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazimdisebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

 

Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukandengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace).Komunikasi virtual pada abad ini dapat dilakukan di mana saja sertakapan saja. Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah padapenggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukupefektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas sepertiweb, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster,facebook dan twitter.

 

4.    Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkandengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.

a.    Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring,setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapansaja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memilikisarana yang mencukupi.

b.    Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasidaring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemutatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biayatransportasi.

c.     Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harusmembuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasidapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupunkedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.

d.    TerintegrasidenganlayananTIKlainnya:sambilmelakukankomunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnyauntuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut.Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar,presentasi, dan dokumen.

e.    Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorongorang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saatberkomunikasi di dunia maya

f.      Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akansemakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

 

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan,antara lain sebagai berikut.

a.    Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakantubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melaluikomunikasi daring.

b.    Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasidaring memerlukan adanya hardware, software.

c.     Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring,seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehinggamembuat bingung si penerima.

d.    Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempatdan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yanglain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

 

Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket