Langsung ke konten utama

T. Cara Menata Ruang Kerja Kantor

SILAHKAN ISI ABSEN TERLEBIH DAHULU

 


Cara Menata Ruang Kerja Kantor

      Beberapa cara untuk menata ruang kerja kantor, cara ini dikenal dengan sebutan 5R , yaitu : (1)Ringkas, (2) rapi, (3) rawat, (4) resik, (5) rileks.

Ringkas

      Ringkas perlu diterapkan dalam menata ruang kerja kantor, karena ruang kantor luasnya terbatas dan fungsinya adalah untuk melaksanakan pekerjaan, jika terlalu banyak barang maka membuat ruangan terlihat penuh dan tidak enak dipandang. Meja kerja pada umumnya memiliki dua laci atau lebih, tetapi seringkali barang-barang di dalamnya dibiarkan berserakan begitu saja di laci pertama. Pengadaan dua laci ini untuk penyimpanan barang-barang yang tidak diperlukan di atas meja supaya di masukkan ke dalam laci, agar saat bekerja bisa sedikit leluasa untuk bergerak.

      Pada meja kerja dengan dua laci, misalnya, laci pertama (atas) untuk keperluan kantor dan laci kedua (bawah) untuk keperluan pribadi. Proses ini membutuhkan sikap disiplin pribadi, di samping juga memperbaiki sistem penyimpanan, pencatatan dan meningkatkan kemampuan keryawan dalam bekerja lebih efektif.

Rapi

      Setelah ringkas diterapkan, semua barang atau alat-alat kerja, berkas-berkas yang tidak diperlukan telah disingkirkan, yang tertinggal hanya beberapa barang yang diperlukan saja. Selanjutnya perlu ditata sedemikian rupa untuk mencapai ruangan menjadi rapi. Langkah yang harus dilakukan untuk mencapai kerapian dengan melakukan pengklasifikasian atau pengelompokan berdasarkan jenis, fungsi, besar kecilnya, bentuknya, terakhir adalah meletakkannya.

      Dalam tataruang yang terlebih dulu diletakkan adalah barang-barang yang paling besar ukurannya, karena akan membutuhkan tempat yang paling banyak, kemudian baru diikuti oleh barang yang sedikit besar lainnya dan seterusnya sampai barang-barang yang kecil.

Rawat

      Pemahaman mengenai rawat yaitu mempertahankan keadaan yang sudah ringkas, parian resik setiap hari secara terus menerus. Artinya kondisi ruangan kerja kantor yang sudah tertata tersebut jangan sampai berantakan kembali. Komitmen para pegawai juga diperlukan, sehingga penggunaan alat-alat, buku dan berkas tidak akan merubah penataan, setelah selesai penggunaan dikembalikan seperti semula.

Resik

      Resik berarti membersihkan lingkungan kerja, termasuk di dalamnya, mesin dan alat kerja, lantai tempat kerja, dan di setiap bagian di dalam tempat kerja. Ada sebuah pembuktian yang patut dianut, membersihkan berarti memeriksa. Pegawai atau operator yang membersihkan alat-alat dapat menemukan berbagai fungsi yang gagal, yang dapat segera diatasi dan dapat berfungsi kembali, tidak perlu lama menunggu proses pekerjaan.

Rileks

      Upaya membuat ruangan ringkas, rapi, rawat disempurnakan dengan tambahan lainnya agar menimbulkan suasana yang rileks. Seorang karyawan kantor yang nekerja 8 jam perhari pasti sering mengalami jenuh dengan tugas-tugas yang banyak, maka membutuhkan suasana yang bisa membuat rileks. Untuk membuat suasana yang rileks, setiap orang berbeda-beda, ada orang yang suka melihat lukisan pemandangan, melihat foto, melihat ikan di akuarium, ada yang suka mendengarkan musik, dsb. Karena itu masing-masing pegawai pengguna ruangan tersebut dapat menambahkan alat yang diperlukan untuk merileksnkan dirinya.

Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket