Langsung ke konten utama

Menganalisis kendala komunikasi bisnis

 

Menganalisis kendala komunikasi bisnis

A.      Tujuan komunikasi dalam bisnis

1.       Memberikan informasi

2.       Membreikasn persuasi

3.       Melakukan kolaborasi

B.      Peranan komunikasi bisnis

1.       Komunikasi untuk perencanaan

2.       Komunikasi untuk pengambilan keputusan

3.       Komunikasi untuk pengendalian

4.       Komunikasi untuk motivasi

5.       Komunikasi untuk perluasan pasar

C.       Kendala dalam komunikasi bisnis

1.       Kendala teknis

2.       Kendala semantik (bahasa)

3.       Kendala manusiawi

D.      Masalah yang menyebabkan munculnya kesalahpahaman dalam komunikasi bisnis

1.       Masalah dalam mengembangkan pesan

2.       Masalah dalam menyampaikan pesan

3.       Masalah dalam menerima pesan

4.       Masalah dalam menafsirkan pesan

E.       Faktor yang dapat  mempengaruhi masalah dalam penafsiran pesan antara lain

1.       Perbedaan latar belakang

2.       Perbedaan penafsiran

3.       Perbedaan reaksi emosional

F.       Tindakan untuk mengatasi kendala dalam komunikasi bisnis

1.       Membuat suatu pesan secara lebih berhati-hati

2.       Bertekad untuk memegang teguh etika berkomunikasi

3.       Memahami kesulitan komunikasi lintas budaya

4.       Menggunakan  pendekatan komunikasi yang berpusat pada penerima

5.       Menggunkan teknoklogi secara bijak dan bertanggung jawab untuk memperoleh dan membagi informasi

G.      Cara menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien

1.       Mengurangi jumlah pesan

2.       Menyesuaikan pesan dengan penerima

3.       Memahami penerima pesan

4.       Memilih saluran atau media yang tepat

5.       Meningkatkan keterampilan berkomunikasi

H.      Syarat komunikasi bisnis yang efektif

1.       Persepsi

2.       Ketepatan

3.       Kredibilitas

4.       Pengendalian

5.       keharmonisan

Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket