Langsung ke konten utama

K. MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT | SIMDIG | 11


 

MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT

 

A.    Pengertian Microsoft Powerpoint

 

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

 

B.    Fungsi dan Kegunaan Microsoft Powerpoint

 

Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :

1.Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.

2.Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.

3.Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.

4.Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

 

C.    Sejarah Microsoft Powerpoint

 

Microsoft Powerpoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang kemudian namanya diubah menjadi Powerpoint. Powerpoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Kala itu powerpoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (OverHead Projector). Di tahun berikutnya, microsoft powerpoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh  berwarna muncul dipasaran. Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan powerpoint seharga 14 juta dollar. Mengikuti Microsoft Windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah Microsoft Powerpoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition. Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15) yang dirilis bulan Januari 2015.

 

D.    Kelebihan Microsoft Office PowerPoint 

 

Keunggulan atau kelebihan Ms. PowerPoint diantaranya yaitu :

1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.

3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.

4. Dapat mengedit foto secara langsung.

5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.

6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).

 

FITUR-FITUR MICROSOFT POWER POINT

 

1. Office Button

 

Fitur ini merupakan fitur yang terletak di ujung atas sebelah kiri. Fitur ini berisi menu-menu pokok dari poserpoint, saat ikon tersebut di klik nantinya akan muncul sub-sub menu yang berkaitan dengan pengolahan dokumentasi presentasi, seperti :



  • membuat slide presentasi baru (New)
  • membuka dokumen presentasi (Open)
  • menyimpan dokumen presentasi (Save)
  • menyimpan dokumen presentasi sebagai file baru (Save As)
  • mencetak dokumen presentasi (Print)
  • mengirim dokumen presentasi (Send)
  • melakukan publish dokumen presentasi (Publish)
  • dan keluar dari program (Close)

Catatan : dibeberapa versi terbaru microsoft powerpoint logo windows ini sudah digantikan menjadi tab yang bernama file, jadi jangan bingung nantinya apabila logo windows tidak ada pada versi powerpoint yang baru seperti 2010 dan diatasnya.

 

2. Quick Access Toolbar

 

Fitur ini terletak disebelah ikon office button diatas sebelah kiri layar. Fungsi dari Quic Access Toolbar ini adalah sebagai fitur yang memberikan tool-tool yang sering digunakan yang diwakili dengan ikon gambar yakni :

  • Menyimpan (Save)
  • Kembali kebelakang (Undo)
  • Kembali kedepan (Rudo)
  • Menggandakan (Repeat Typing)

3. Tittle Bar

 

Fitur ini merupakan fitur yang menampilkan judul dari presentasi yang kita buat, letaknya berada di tengah-tengah paling atas. Fitur ini berguna agar kita tidak lupa mengenai apa presentasi yang telah kita buka itu.

 

4. Clipboard

 

Clipboard biasanya digunakan untuk menampun sementara file-file hasil kopian, hasil pemotonan dan format painter. Selain dari itu submenu yang disediakan clipboard ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan. Clipboard ini berada pada tab "Menu"

 

5. Tab Menu Bar

 

Fitur ini berisi kumpulan menu yang mewakili perintah-perintah didalam presentasi. tab menu ini terdiri dari

  • Home
  • Insert
  • Design
  • Animations
  • Slide Show
  • Review
  • View

6. Toolbox

 

Fitur ini berada diatas paling ujung sebelah kanan, fitur ini berisi kumpulan tombol yang mengatur tampilan jendela dari pada powerpoint. Tombol-tombol yang ada yakni

  • Minimize : berfungsi untuk memperkecil jendela powerpoint sehingga membentuk ikon aktif pada taskbar
  • Restore : berfungsi untuk mengembalikan jendela powerpoint ke posisi dan ukuran semula, tombol ini apabila powerpoint dalam keadaan full desktop maka namanya adalah tombol restore namun apabila diklik nanti layar powerpoint akan menjadi lebih kecil dan tombol berubah menjadi Maximize.
  • Close : tombol bergambar silang berwarna merah ini tentunya memiliki fungsi untuk menutup powerpoint.

7. Layout Slide/Area Outline

 

Fitur layout slide adalah fitur yang menampilkan vesi kecilnya dari slide-slide yang telah kita buat, sedangkan disebelahnya yakni outline berfungsi untuk menampilkan slide yang bersikian judul dan materi

 

8. Toolbox View

 

Fitur ini berguna untuk melihat format dari tampilan slide dalam layar yang terdiri dari normal, slide forter dan slide show. Fitur ini terletak pada bagian bawah sebelah kanan aplikasi powerpoint.

 

9. Toolbar Drawing

 

Fitur ini terletak pada tab "Menu" dan berguna untuk melakukan penggambaran sederhana dalam program microsoft powerpoint seperti menggambar persegi, persegi panjang, lingkaran, oval dan bentuk-bentuk lainnya yang berguna untuk menunjang presentasi nantinya.

 

10. Area Slide

 

Bagian ini merupakan bagian lembar kerja dalam microsoft powerpoint yakni tempat dimana kamu mengolah slide presentasi kamu dengan kreasi dan kreatifitas yang kamu punya.

 

11. Area Catatan / Status bar

 

Fitur ini terletak persis dibawah area slide atau lembar kerja powerpoint, dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mempermudah dan membantu kita dalam penyajian materi dalam presentasi nantinya.

 

12. Zoom

 

Fitur ini terletak pada bagian paling bawah sebelah kanan layar power point, atau disebelah toolbox view, yang berfungsi untuk memberbesar dan memperkecil ukuran dari lembar kerja powerpoint yang dapat kita sesuaikan sesuai dengan keinginan.

 

Itulah fitur-fitur yang ada didalam microsoft powerpoint yang harus kamu ketahui, karena fitur-fitur tersebut merupakan fitur yang paling umum dan sering digunakan ketika berhadapan dengan microsoft powerpoint.

 

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam belajar program presentasi ini yang tentunya berguna dalam dunia kerja, dan semoga ilmu anda mengenai powerpoint juga akan semakin bertambah.

 

 

 

Postingan populer dari blog ini

H. PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 8

  PENANGANAN TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS 1. Penanganan Telepon secara Umum a. Saat memulai percakapan, hindari penggunaan kata ’hey’ atau ’hello’, karena kurang sesuai digunakan dalam percakapan formal dalam kantor. Gunakan kata ’good morning’ atau ’good afternoon’ sesuai dengan kondisi waktu bertelepon. b. Berbicaralah dengan menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan. Tetaplah bersabar dan tidak terpancing emosi meskipun mendapat perlakuan yang kurang baik. Jika mendapat respons atau complaint dari klien, ucapkan ’I am sorry for the inconvenience’ atau ’We do apologize for the inconvenience’. c. Setelah mengucapkan maaf, coba berikan bantuan pada klien tentang masalah mereka. Gunakan kaljmat tanya ’How may we can help you ?' atau ’How I can be assistance?’ kepada klien. d. Sebelum mengakhiri pembicaraan, tawarkan bantuan yang mungkin masih dibutuhkan. Apabila tidak, ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan kalimat ’Glad to be able of assistance’ atau

G. BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD

  BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD DAN TAMPILAN MICROSOFT WORD A. Pengertian Tampilan Microsoft Word atau  User Interface Word Tampilan Microsoft Word  adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari ms word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan  user interface  atau antarmuka Microsoft Word. Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan  user friendly  untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware ) mengoperasikan dan mempelajari Word. B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share. Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsof

I. ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

  ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS 1 . Greet Professionally   Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.   Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.   2. Speak Necessarily   Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ket